Supervisi Pembelajaran

Suasana sesi refleksi setelah supervisi pembelajaran

Sidoarjo – Salah satu program rutin SMP Zainuddin Waru adalah supervisi pembelajaran. Pada pekan kedua September ini telah teragendakan supervisi pembelajaran. Selasa (10/9) giliran guru mata pelajaran Bahasa Inggris, ustadzah Ummu Riafinah yang mendapat giliran disupervisi.

Bertindak sebagai supervisor kali ini adalah ustadzah Syifaul Khudriyah dan ustadzah Islachiyah. Kepala SMP Zainuddin Waru, ustadz Moch. Khoirul Naim yang sedianya bertugas sebagai supervisor berhalangan hadir karena ada tugas dinas di luar sekolah yang harus dihadiri.

Tim supervisi pembelajaran

Dalam kegiatan itu ustadzah Fitrotun Nafsiyah dan ustadzah Elistya Pratiwi bertindak sebagai pengamat sedangkan tugas sebagai kamera person ditangani oleh ustadzah Alfi Nur Jannah. Dalam kegiatan supervisi pembelajaran memang selain supervisor, guru mata pelajaran yang disupervisi juga diamati oleh guru serumpun dan seorang guru lain yang mendokumentasi kegiatan. Selain dokumentasi gambar, dokumentasi berupa video juga dianggap perlu agar dapat menjadi bahan evaluasi secara lebih menyeluruh di lain waktu.

Kegiatan supervisi pembelajaran itu diakhiri dengan refleksi yang dilaksanakan di ruang kepala sekolah. Supervisi pembelajaran ini merupakan program kegiatan rutin dan terjadwal yang digelar oleh SMP Zainuddin Waru. Harapannya, kualitas pembelajaran yang disajikan oleh para guru menjadi terpelihara dan terdorong untuk terus melakukan inovasi dan peningkatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *