Rabu (26/2) SMP Zainuddin Waru menerima kedatangan tim penilai dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo untuk meninai kinerja kepala sekolah. Kegiatan tahunan PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah) itu dimulai pada pukul 13.00 dan berakhir pada pukul 16.15.
PKKS diawali dengan presentasi Kepala SMP Zainuddin, Ustadz Moch. Khoirul Na’im, S.Pd. yang memaparkan konsep merdeka belajar. Hal baru pada PKKS tahun ini dibanding tahun-tahun sebelumnya adalah adanya keharusan kepala sekolah untuk mempresentasikan konsep merdeka belajar di sekolah masing-masing.
Tim penilai yang terdiri dari Saiful Islam, M.Pd. dan Abdul Basith Bahur, M.Pd., selain menilai berbagai dokumen berdasarkan instrumen yang ada, juga melakukan dialog dengan berbagai stakeholder. Mulai dari siswa hingga wali murid. Dialog tersebut secara implisit juga akan menjadi masukan bagi tim penilai atas kinerja kepala sekolah.
Selain melakukan penilaian kesempatan itu juga menjadi ajang berbagi antara guru dengan tim penilai yang juga merupakan pengawas sekolah terkait beberapa hal baru di bidang kebijakan pendidikan secara nasional.