Pelaksanaaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru (MPLSPDB) Tahun Ajaran 2021/2022 berjalan penuh secara virtual.
Persiapan serba mendadak karena sebelum sudah ada berncang-ancang untuk tatap muka. Namun karena kebijakan PPKM diambil oleh pemerintah yang salah satu poinnya adalah kegiatan belajar mengajar di sekolah dilaksanakan secara jarak jauh, maka kegiatan MPLPDB yang digelar SMP Zainuddin Waru pun segera menyesuaikan diri.
Senin (12/7) para siswa mengikuti melalui kanal youtube SMP Zainuddin kegiatan pembekalan MPLSPDB.
Pembekalan dilakukan oleh Kepala SMP Zainuddin, Wakil Kepala Urusan Kesiswaan dan Wali Kelas VII melalui live meeting yang direlay scara live di youtube.
Keesokan harinya, Selasa (13/7) dilanjutkan dengan materi pengenalan lingkungan sekolah. Tim media SMP Zainuddin sudah menyiapkan video tur sekolah yang menarik dengan menjelajahi tiap suduh sekolah mulai dari depan gerbang sekolah hingga di puncak lantai III gedung sekolah.
Hari kedua MPLSPDB, Rabu (14/7) para peserta diperkenalkan dengan para tenaga pendidik dan kependidikan SMP Zainuddin. Para peserta menyaksikan video perkenalan video tersebut dan sebagai tugasnya mereka membuat tabel yang berisi data perkenalan tersebut. Dengan tugas ini diharapkan para peserta didik baru bisa mengenal para guru meskipun belum bisa bertatap muka langsung.
Di era pandemi seperti saat ini skil digital untuk proses belajar mengajar wajib dikuasai. Oleh karenanya pada Kamis (15/7) para peserta menerima materi ketiga tentang pembelajaran daring. Beberapi keterampilan untuk pembelajaran daring yang biasa digunakan di SMP Zainuddin dikenalkan kepada mereka. Mulai dari bagaimana menerima materi pembelajaran, menyerahkan tugas sampai dengan live meeting.